Translate

Search This Blog

Tuesday, July 10, 2018

GeMa CerMat dengan TANYA 5-O












Mungkin sebagian masyarakat belum tahu jika 13 November 2015, Kementerian Kesehatan telah mencanangkan program GeMa CerMat…. 

APA ITU??

Gema cermat merupakan upaya bersama pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan kesadaran, kepedulian dan pemahaman masyarakat tentang penggunaan obat secara benar, dimana melalui Gema Cermat, diharapkan penggunaan obat secara rasional oleh masyarakat dapat tercapai. Menurut WHO penggunaan obat dikatakan rasional apabila :
  • pasien menerima obat yang sesuai dengan kebutuhan klinisnya
  • dalam dosis sesuai dengan kebutuhan
  • dalam periode waktu yang adekuat

Diperkirakan diseluruh dunia lebih dari 50% obat diresepkan dan digunakan secara tidak tepat, termasuk Indonesia. Dari data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 ditemukan bahwa 35,2%, rumah tangga menyimpan obat untuk swamedikasi dan 27,8% obat yang disimpan tersebut di antaranya adalah antibiotik yang diperoleh tanpa resep dokter.
Dari data tersebut terlihat gambaran adanya perilaku yang salah atau tidak rasional dari masyarakat terkait swamedikasi. Akibatnya bisa membahayakan masyarakat karena kemungkinan terjadi efek samping obat yang tidak diinginkan serta berdampak pada ancaman meningkatnya resistensi terhadap antibiotika.

…dan, apakah yang harus anda lakukan untuk dapat lebih cerdas dalam menggunakan obat…??


Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat dengan 
TANYA 5-O 



Sudah menjadi kewajiban bagi APOTEKER untuk memahami segala aspek yang berkaitan tentang obat untuk dapat memberikan edukasi kepada pengguna obat agar mengetahui informasi penting terkait obat yang oleh masyarakat.
Sebab, pada kenyataannya masyarakat yang mendapatkan resep obat, masih banyak yang tidak mengetahui apa indikasi dari obat yang diminum, bagaimana dan berapa lama obat digunakan, sehingga terkadang masyarakat menjadi “pasrah” terhadap obat yang diresepkan oleh dokter, bukankah begitu..?




GeMa CerMat Tanya 5 O
Masih dalam lingkup GeMa CerMat yaitu sebuah gerakan tanya obat yang mengajak masyarakat untuk cerdas dalam menggunakan obat, GeMa CerMat Tanya 5-O mengajak masyarakat agar berperan aktif dalam mencari informasi terkait obat yang digunakan. Apa saja kelima pertanyaan tersebut? Simak berikut ini…. 

1. Obat ini apa NAMA dan KANDUNGANnya?

Nama obat pada kemasan dapat berupa nama generik saja atau NAMA DAGANG (merek) diikuti nama Zat berkhasiat. NAMA GENERIK adalah nama zat berkhasiat dalam obat. Kandungan obat (KOMPOSISI) dapat terdiri dari satu jenis obat (zat berkhasiat tunggal) atau beberapa obat (zat berkhasiat kombinasi). Komposisi biasanya mencantumkan nama generik atau nama kimia. 

2. Obat ini apa KHASIATnya?

KHASIAT atau INDIKASI adalah efek positif yang telah terbukti dan diharapkan muncul pada pengobatan. Khasiat obat berasal dari kandungan zat berkhasiat (komposisi), bukan dari merek obat.

3. Obat ini berapa DOSISnya?

DOSIS merupakan takaran untuk menghasilkan khasiat yang diharapkan pada satu kali penggunaan atau interval waktu yang ditentukan. Dosis selalu disesuaikan dengan usia, berat badan, tingkat keparahan penyakit dan tujuan pengobatan. Penggunaan melebihi dosis yang dianjurkan dapat menimbulkan keracunan.

4. Obat ini bagaimana CARA MENGGUNAKANnya?

CARA PENGGUNAAN OBAT atau aturan pakai disesuaikan dengan bentuk sediaan obat, informasi tambahan yang diberikan dan kondisi khusus yang dibutuhkan. Aturan pakai meliputi lama pemakaian obat (durasi) dan berapa kali obat digunakan dalam satu hari (frekuensi), misal : 

3 kali sehari artinya diminum setiap 8 jam.

Tablet, kaplet atau kapsul ditelan dengan bantuan air minum.

Sirup kering dilarutkan dulu dengan air matang sesuai volume yang ditentukan sebelum digunakan sesuai takaran.

salep dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.

Suppositoria dimasukkan kedalam lubang anus.

Obat tetes mata diteteskan secara tegak lurus pada kelopak mata

5. Obat ini apa EFEK SAMPINGnya?

EFEK SAMPING adalah setiap kemungkinan efek tambahan obat yang dapat merugikan. Bacalah dengan teliti informasi pada kemasan atau brosur obat. Selain efek samping, penggunaan obat dapat memunculkan kejadian tidak diduga, untuk itu gunakanlah obat sesuai dengan petunjuk dan jika ragu tanyakan pada dokter atau Apoteker anda.



Sampai disini... apakah sudah dapat memahami apa maksud dari Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakaan Obat (GeMa CerMat)?

Adakah yang tidak setuju dengan gerakan mencerdaskan bangsa dalam bidang kesehatan? 

Sudah sepatutnya masyarakat sadar akan penggunaan obat, sehingga pertanyaan diatas hendaknya disampaikan apabila akan menggunakan obat. Bukan hanya itu, pertanyaan lain terkait obat yang sedang dikonsumsi dapat anda ajukan ketika menebus obat kepada Apoteker.


Marilah sayangi diri dan keluarga dengan mengajak untuk GeMa CerMat, setuju untuk memperhatikan cara menggunakan obat yang tepat dan selalu cermat ๐Ÿ˜‰๐Ÿ’œ

Sumber :
Dirjen Kefarmasian dan Alkes Kementerian Kesehatan RI // farmalkes.kemkes.go.id
Dirjen Bina Kefarmasian Kementerian Kesehatan RI // binfar.kemkes.go.id
KepMenkes RI, HK.02.02/MENKES/427/2015 ttg Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat






1 comment: